Jumat, 25 Oktober 2013

Tugas Magang Media Center #3


Situs Berita Online
Berita merupakan hal wajib di era globalisasi. Seperti quotes Mark Twain , seorang penulis Amerika, “If you don't read the newspaper, you're uninformed. If you read the newspaper, you're mis-informed.” Seseorang yang tidak mengetahui berita di masa kini merupakan hal yang tak lazim, kata anak jaman sekarang “kudet” namanya. Berita dapat diperoleh dimana saja dan kapanpun waktunya. Berita dapat diperoleh dalam berbagai media, seperti cetak, televisi, radio, dan bahkan melalui internet. Kemudahan dalam mengakses berita ini semakin bertambah dengan adanya situs berita yang menyediakan informasi secara online, seperti detik.com, tempo.com, dan tribun news. Dengan adanya berita online, masyarakat dapat lebih cepat dan aktual dalam mengikuti perkembangan berita yang bahkan baru terjadi beberapa menit sebelumnya. Meskipun dalam bentuk online, berita didalamnya harus tetap memuat kaedah-kaedah yang terdapat dalam jurnalisme. Mari kita bandingkan antara detik.com, tempo.co, dan tribunnews.com.

Keaktualisasian merupakan aspek penting yang harus dimiliki setiap berita.  Situs online sudah dipastikan harus lebih aktual dibandingkan media cetak yang harus menunggu waktu terbit. Dari ketiga situs berita online tersebut, detik.com, tempo.co, dan tribunnews.com, sama-sama memiliki keaktualan yang baik. Namun, detik.com memiliki point lebih karena memiliki akun twitter yang setiap waktunya selalu memuat berita-berita terbaru sehingga lebih cepat dalam menyampaikan berita kepada publik.

Dalam segi desain dengan tujuan memudahkan mencari berita, menurut saya lebih nyaman tampilan tribunnews.com. Tampilan desain detik.com terlalu memiliki banyak konten didalamnya sehingga terkesan rumit dan bingung untuk mencari berita, berbeda dengan desain tribunnews.com yang terlalu sederhana sehingga pembaca kurang tertarik dan berkesan dinamis. Untuk segi desain, tempo.co memiliki desain yang menarik namun tidak berkesan rumit dan ribet untuk dibaca.  Sehingga Tempo.co lebih mudah mencari berita dibandingkan detik.com, namun memiliki desain yang menarik sehingga membuat pembaca tak jenuh untuk membacanya. Dengan demikian, tempo.co memiliki point lebih dalam segi desain.

Meskipun dalam bentuk media online, seperti yang telah disebutkan sebelumnya harus memuat kaedah-kaedah jurnalisme. Berita harus memiliki tubuh yang menarik, mudah dipahami, dan menerapkan struktur piramida terbalik. Dari ketiga situs online yang sedang dibahas, semua menerapkan struktur piramida terbalik yang memuat  unsur 5-W + 1-H didalamnya. Detik.com mengemas berita dengan judul yang lebih menarik.  Seperti “Dilarang Jokowi, Sarimin Tak Lagi Pergi ke Pasar”, yang isinya memuat berita mengenai pawang doger monyet yang terkena razia. Mungkin penggunaan judul ini dibuat agar dapat menarik minat pembaca. Namun berita harus tetap memiliki kesesuaian baik isi mapun keterkaitan judul, seperti quotes yang disampaikan sebelumnya yaitu jangan percaya begitu saja dengan apa yang disampaikan. Lain halnya dengan detik.com, tribunnews.com dan tempo.co yang membuat judul berita sesuai dengan isi berita tersebut sehingga tidak memiliki ciri yang berbeda dengan berita pada umumnya.

Apapun media yang digunakan, termasuk berita online, Jurnalisme harus menyediakan forum baik untuk kritik maupun komentar dari publik. Ketiga situs berita tersebut sama-sama menyediakan kolom komentar ataupun pendapat dari pembaca mengenai berita yang dibacanya. Disetiap berita yang dimuat dalam ketiga situs tersebut, terdapat kolom diakhir berita untuk diisi oleh publik.

                Kesimpulan dari ulasan yang saya bahas ini adalah setiap situs berita online, baik  detik.com, tempo.co, dan tribunnews.com, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Media Center yang merupakan sarana penyampaian informasi kejadian dan berita untuk mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara harus mengikuti kaedah dan elemen jurnalisme. Dari ketiga situs yang telah dibahas, menurut saya tidak ada yang begitu cocok untuk dijadikan pedoman Media Center dalam mengemas berita. Namun, dapat di kombinasikan kelebihan-kelebihan yang ada dari ketiga situs berita tersebut. Dalam segi desain, tempo.co dapat dijadikan pedoman karena tidak terlalu rumit, berita mudah dicari, dan menarik tentunya. Dalam segi keaktualan berita, detik.co dapat dijadikan pedoman karena cepat dalam menyampaikan berita, dan memiliki twitter yang aktif sehingga menjadikannya point lebih.   Semoga ulasan yang saya bahas dapat bermanfaat , terutama untuk kemajuan Media Center yang dapat mencerdaaskan dan mencerahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar